Laman

Rabu, 12 Desember 2012

Tanam 1000 Pohon Tiap Rumah untuk 1000 Generasi Selanjutnya

Seperti yang kita tahu akhir-akhir ini baik di media cetak maupun media elektronik isu – isu tentang global warming sudah semakin sering merebak, global warming sebenarnya adalah ancaman yang nyata namun dampaknya tidak terlalu terlihat untuk jangka pendek, namun untuk jangka panjang dampaknya sangat jelas terlihat, mulai dari mencairnya es di kutub sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang lumayan tidak lama, kenaikan permukaan air laut di seluruh dunia, korban akibat topan badai yang semakin meningkat, kepunahan sejumlah besar spesies, hilangnya terumbu karang sampai dengan semakin naiknya temperatur di perkotaan khususnya di kota Surabaya ini, dan berbagai macam dampak membahayakan lainnya. Hal-hal tersebut sangat berbahaya bagi generasi-generasi kita selanjutnya kelak, generasi dari anak dan cucu kita, karena mau dimana lagi generasi-generasi selanjutnya kita akan tinggal selain di bumi ini.
Dampak membahayakan tersebut tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh global warming, dan global warming yang menjadi penyebab utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah semakin berkurangnya tanaman-tanaman untuk menyerap dan mengurangi kadar karbon dioksida di bumi. Solusinya adalah dengan menambah tanaman-tanaman di sekitar lingkungan kita baik di rumah, di sekolah, maupun di kantor. Dengan gerakan tanam 1000 pohon tiap rumah untuk 1000 generasi selanjutnya. Hal tersebut merupakan upaya yang sangat nyata dalam mengurangi dampak bahaya dari global warming yang sangat membahayakan bagi generasi-generasi kita selanjutnya. Karena pohon-pohon tersebut dapat menyerap kadar karbon dioksida di bumi. Selain itu juga dapat memperindah halaman rumah kita serta bisa memperoleh manfaat dari pohon atau tanaman tersebut seperti contohnya adalah buah-buahan yang dihasilkan oleh pohon tersebut. Dan untuk rumah yang tidak memiliki halaman yang cukup untuk ditanami pohon, solusinya adalah dengan menempatkan di pot-pot kecil lalu meletakkannya di atas atap maupun di tempat lain yang masih memungkinkan untuk diletakkan tanaman tersebut.
Sebenarnya 1000 pohon tiap rumah masih terlalu sedikit bila dibandingkan dengan mamanfaat yang diberikan oleh pohon tersebut, karena menyelamatkan lingkungan itu artinya kita juga menyelamatkan generasi dari anak cucu kita selanjutnya. Maka dari itu marilah kita selamatkan generasi kita selanjutnya dengan menyelamatkan lingkungan kita mulai sekarang dengan langkah kecil yang nyata, tanam 1000 pohon tiap rumah untuk 1000 generasi selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar