Laman

Rabu, 12 Desember 2012

PENTINGNYA PENGHIJAUAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN LAINNYA

Penataan Lingkungan Sekolah menjadi Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status: dalam ruang atau luar ruang, dalam ruang dan luar ruang, serta bermanfaat bagi lingkungan luar sekolah.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
Pentingnya penghijauan Untuk mengurangi peristiwa global worming,tentunya penhijauan sangat penting bagi sekolah ,selain menyejukan udara di sekitar nya,dapat juga memperindah pemandangan.
Penhiajauan tidak hanya menanam pohon saja,dengan membersihkan setiap ruangan dan linkungan sekitar sekolah serta membuang sampah pada tempat nya juga termasuk penghijauan.
Salah satu cara kecil yang di lakukan sekolah kami adalah menyediakan tong sampah di setiap ruangan kelas dan lingkungan sekolah.
Penghijauan adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan dalam menangani krisis lingkungan dan pemanasan global yang sedang terjadi saat ini. Penghijauan mempunyai berbagai peran dan fungsi.
Peran dan fungsi dari penghijauan diantaranya adalah sebagai paru-paru lingkungan yang sangat diperlukan makhluk hidup untuk bernafas sebagai pengatur lingkungan yang dapat memberikan kesejukan, kenyamanan serta kesegaran di lingkungan sekitar, sebagai pencipta lingkungan hidup yang dapat melestarikan keindahan yang ada di lingkungan hidup tersebut, sebagai penyeimbangan alam yang dapat membentuk tempat hidup alam untuk satwa yang hidup di sekitar lingkungan tersebut, sebagai perlindungan yang dapat memberikan kondisi fisik alami di sekitar lingkungan, sebagai keindahan yang dapat dijadikan panorama lingkungan hidup, sebagai kesehatan yang dapat memberikan fisik, jasmani, maupun rohani yang sehat bagi makhluk hidup yang ada di sekitarnya.Selain itu jika di suatu sekolah tidak ada penghijauannya banyak sekali dampak negatifnya seperti, global warming,yaitu menipisnya lapisan ozon di udara dikarenakan pemanasan matahari serta kurangnya udara sehat dan kurangnya penghijauan.
Menurut penelitian dalam suatu lembaga, belum semua sekolah-sekolah menerapkan penghijauan di sekolahnya, padahal pemerintah telah mensosialisasikan pentingnya penghijauan di sekolah, agar mendapatkan udara yang sejuk, serta lingkungan yang baik. Untuk itu pihak sekolah harus mengajak seluruh siswa siswi sekolahnya untuk melakukan penghijauan. Penghijauan bisa dilakukan sesederhana mungkin misalnya, dengan membawa bunga dari rumah dan meletakkannnya di depan kelas. Dan siswa itu diharapkan untuk merawatnya.
Di sebagian sekolah memang sudah ada dilakukan penghijauan dengan menambahkan, menanam berbagai macam jenis tanaman. Tanaman tersebut diletakkan di depan sekolah, di depan majelis guru dan di lantai 1 sekolah supaya udara dari atas dapat memberikan udara yang baik ke lantai di bawahnya. Selain itu, tanaman tersebut juga ada beberapa yang ditaruh di depan kelas untuk memberikan kenyamanan ketika proses belajar-mengajar sedang berjalan. Sekolah yang melakukan kegiatan tersebut biasanya disebut “green school”.
Menurut saya penghijauan yang dilakukan di beberapa sekolah belum maksimal karena di halaman sekolah masih belum dilakukan penghijauan. Maka dari itu, penghijauan sangat diperlukan sekali di sekolah-sekolah. Dengan adanya penghijauan di sekolah dapat memungkinkan orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahui lebih lengkapnya tentang sekolah tersebut menjadi kenal dengan sekolah yang penghijauannya dijalankan dengan sebaik-baiknya dan memungkinkan orang-orang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya yang melaksanakan penghijauan dengan baik.


Penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu. Karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita. Kami mengajak siswa siswi agar melakukan penghijauan di sekolahnya. Dan para guru harus meyakinkan para siswa dampak positif dan negatifnya apabila melakukan penghijauan. Dan mengajak anak didiknya melakukan penghijauan dengan hal hal yang menarik. Misalnya, melakukan acara penanaman seribu bunga disekolah. Dan perlombaan bunga sehat tiap kelas, siswa siswi pun diharapkan bisa tertarik melakukan penghijauan.
Peran pemerintah dan masyarakat, Pemerintah Kota Palembang telah lama melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sepanjang jalan Kota Palembang. Pohon angsana, mahoni, dan lain-lain telah mulai menghijau di seluruh Kota Ppalembang. Walaupun ada beberapa pohon yang mati. Dalam hal ini, Pemko mengharapkan peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan dan untuk menjaga pohon-pohon yang telah ditanam Pemko. Beberapa pohon mati setelah ditanam di sepanjang pinggir jalan yang berada di depan rumah masyarakat. Pohon-pohon tersebut mati karena tidak dirawat, dijaga, dan disiram oleh masyarakat yang kebetulan di jalan depan rumahnya di tanam pohon oleh Pemko.

Untuk melakukan penghijauan Kota Palembang, Pemko telah banyak mengeluarkan dana. Agar dana itu tidak sia-sia maka sangat diharapkan peran serta masyarakat dalam merawat, menjaga dan menyiram tanaman tersebut. Harapan lebih besarnya, masyarakat dapat melakukan penghijauan sendiri. Hal ini dapat dimulai dari menanam pohon di halaman rumah, di tanah-tanah milik pribadi masyarakat. Jika lebih memungkinkan lagi, masyarakat dapat menanam pohon di lahan-lahan kritis di sekitar daerahnya.
Menurut pendapat saya penghijauan di kota Palembang sudah cukup baik untuk masyarakat kota Palembang harus bisa menjaganya demi tercapainya kerindangan,kesejukan dan kesegaran. Tetapi menurut penglihatan saya ada sedikit yang perlu di tingkatkan lagi dengan menanam pohon di pinggir – pinggir jalan serta di pinggir – pinggir sungai. Dengan demikian kota Palembang bisa menjadi ‘GREEN CITY” dimata dunia, dengan udara terjamin kualitasnya .

Oleh : Achmad Ridho Fauzan

3 komentar:

  1. Penghijauan hutan wajib kita lakukan di era modern sekarang ini. Jika tidak, maka apa jadinya masa depan kita ini? Bantu kami Greenpack untuk mewujudkan indonesia yang lebih hijau. Selengkapnya tentang kami dapat Anda lihat di sini : http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus
  2. Setuju Gan ! Mari Cegah banjir dan Bencana ALam dengan menanam pohon. Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"


    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus
  3. penghijauan mutlak harus dilaksanakan untuk menjaga kelestarian alam.

    BalasHapus